Jumat, 04 Oktober 2013

7 Tips Supaya Lebih Percaya Diri

1. Temukan dan akui kekurangan anda.
Ambil secarik kertas dan tulis hal-hal yang anda rasakan menjadi kekurangan-kekurangan terbesar anda. Mungkin itu tentang pendidikan, pekerjaan, fisik anda, keluarga atau apa sajalah. Tidak perlu seluruhnya anda temukan dan tulis, cukup beberapa yang paling anda rasa anda minder karenanya (mungkin 2 - 8 hal). Apa yang anda rasakan? Apakah anda malu atau merasa sangat tidak nyaman mengenai poin-poin tersebut? Akuilah.

2.a. Berbagi dengan mereka yang anda percayai.
Bicarakan kekurangan anda dengan orang-orang terdekat anda. Orang tua, sahabat, guru, saudara misalnya. Utarakan apa yang mengganjal di hari anda. Siapa tahu mereka punya solusinya. Sedikit banyak peluang bagi solusi masalah keminderan anda mulai muncul.

b. Tumpahkan perasaan anda.
Jika mungkin anda tidak begitu mempercayai orang-orang yang saya sebutkan tadi mungkin anda perlu hanya mengajak diri anda sendiri untuk melepas rasa minder anda. Ada banyak cara. Anda dapat menuliskan seluruh kekesalan anda akan kekurangan anda, tentang hal-hal yang membuat anda "inferior". Anda dapat menumpahkan emosi anda dengan cara berteriak di tempat yang jauh dari keramaian misalnya. Atau anda dapat berbagi di forum internet, menulis blog, atau membuat video di youtube untuk curhat anda.

3. Cari orang sukses yang memiliki kekurangan seperti anda.
Ada banyak orang sukses, pengusaha, negarawan, selebritis yang memiliki banyak kekurangan dalam sejarah hidupnya. Mereka dulu juga merasakan minder seperti anda, disepelekan, dianggap tidak pantas mendapatkan apa yang mereka dapatkan sekarang. Misalnya anda minder akan pendidikan anda yang hanya SLTP, ada banyak pengusaha sukses yang bahkan hanya sekolah sampai SD, temukan profil mereka, pelajari. Misalnya anda minder karena anda tidak pandai bergaul, kenyataannya banyak juga orang yang tidak pandai bergaul berhasil dalam hidup mereka di bidangnya masing-masing.

4. Maafkan diri anda dan orang.
Mungkin anda, orang tua, atau teman anda membuat suatu kesalahan yang anda rasa menimbulkan suatu kekurangan pada anda, maafkan. Ini penting karena merupakan meringankan langkah anda untuk memperbaiki hal-hal yang anda rasa kurang baik itu. Dengan memaafkan pikiran dan perasaan kita akan menjadi lebih jernih untuk dapat kita gunakan untuk hal-hal yang lebih positif.

5. Kurangi keinginan perfeksionis.
Pertama tidak ada orang yang sempurna. Bahkan orang-orang yang kita kira paling percaya diri pasti memilki beberapa hal yang mereka rasa mereka tidak terlalu baik ada pada mereka. Ini bukan berarti anda menurunkan standar anda. Namun, sangat sering sekali keinginan kita tentang kesempurnaan tidak berbanding lurus dengan upaya dan latar belakan kita dalam meraihnya. Alhasil kita tidak mendapatkan apapun selain nol besar. Oleh karena itu apapun hasil yang dapat kita raih dengan upaya maksimal, itulah yang sempurna. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Pahamilah "rumput tetangga selalu lebih hijau."

6. Tuliskan kelebihan anda.
Setelah kita membenahi kekurangan kita kini saatnya untuk memaksimalkan kelebihan kita.
Ini wajib. Anda boleh saja memiliki seribu kekurangan yang membuat diri anda minder. Tapi pastikan minimal anda juga harus memiliki seribu kelebihan yang dapat melebihi kekurangan anda. Contohnya anda boleh saja berasal dari keluarga miskin, tapi pastikan anda harus dapat lebih berhasil dibanding mereka yang berasal dari keluarga yang lebih mampu. Atau anda boleh saja memiliki IQ yang tidak setinggi orang-orang cerdas, namun bisa saja kemampuan sosial anda lebih baik, dsb.

7. Tersenyum di cermin.
Sering-seringlah melakukan ini. Apa yang anda pikirkan mengenai apa yang anda lihat di cermin adalah penilaian diri anda kepada anda sendiri. Sering kali jika anda meremehkan diri anda maka begitulah yang anda terima dari orang lain. Memandangi cermin secara otomatis kita sedang terpusat akan penilaian kita terhadap diri kita sendiri entah itu fisik atau semua hal lain yang terasosiasikan denga gambaran pikiran tentang diri kita sendiri. Dengan tersenyum kita memicu tingkat kepercayaan diri kita terhadap kita sendiri. Ini akan sangat membantu jika anda sering melakukannya disertai rasa bersyukur. Lakukan terutama setiap kali anda bangun tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar