Selasa, 01 Oktober 2013

7 Tips/ Cara Berhemat.

Sebelum anda melakukan tips berikut pastikan satu hal harus ada di hati anda, yaitu : NIAT.
1. Belanja kebutuhan utama segera.
Jika anda termasuk pekerja dengan gaji bulanan segra setelah anda menerima gaji belilah kebutuhan pokok anda selama satu bulan penuh yang dapat disimpan. Jika memungkinkan belilah kebutuhan yang lebih panjang dalam satu bulan. Tentunya sisakan uang and.
2. Hindari berhutang.
Jangan berhutang langsung kepada orang ataupun kartu kredit! Itu penting. Hiduplah sesuai kemampuan anda. Jika anda mampu, tingkatkan penghasilan anda. Namun sebelum itu terjadi hiduplah sesuai penghasilan anda sekarang.
3. Bersihkan mindset "butuh" anda.
Jika kita menganggap penting terlalu banyak hal maka semua hal itu akan menjadi penting di pikiran kita. Dengan mengukur pemasukan rutin anda prioritaskan paling banyak 2 hal yang anda anggap dapat dibeli dalam waktu satu bulan dan dengan syarat tidak melebihi 50% penghasilan anda (kecuali anda sudah memiliki tabungan khusus untuk itu).
4. Jangan mengeluarkan sebelum pemasukan datang.
Jika anda memiliki penghasilan diluar rutin, jangan buru-buru terlalu yakin untuk menggunakan uang anda untuk keperluan yang sekiranya dapat dilakukan dengan penghasilan tambahan anda tersebut. Anda harus sabar menunggu penghasilan tambahan untuk kebutuhan diluar pokok.
5. Miliki anggaran khusus per kebutuhan.
Sebagai contoh anda berencana membeli laptop baru seharga Rp 7 juta, siapkan tabungan dengan catatan khusus untuk keperluan itu dengan target Rp 7 juta. Jangan gunakan uang yang anda siapkan tersebut untuk yang lain. Ada anggaran lain untuk hal lain.
6. Selalu siapkan anggaran cadangan.
Jika anda sudah menjalani poin no. 1 – 5 dengan sukses maka saatnya menyisihkan uang anda untuk anggaran tak terduga. Ini penting karena kita tidak menduga masa depan namun kita dapat “menyediakan payung sebelum hujan”.
 7. Ijinkan diri anda belanja.
Dan jika anda telah sukses lagi di poin ke-6, selamat! Jika semua kebutuhan pokok anda terpenuhi dan tidak ada kebutuhan lain dalam waktu dekat, berikan “reward” kepada diri anda untuk mengeluarkan uang untuk hal yang mungkin tidak penting namun anda merasa menginginkannya. Tidak ada salahnya menikmati hidup dengan uang lebih anda toh. J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar